Apa Perbedaan Rom MIUI Global/China, Developer dan Distributor

Bagi anda yang baru menggunakan smartphone xiaomi pasti bertanya ketika nitizen xiaomi banyak yang membicarakan tentang ROM yang di pakai pada hp masing masing. Nah, maka dari itu kali ini saya ingin membagikan sedikit informasi tentang berapa macam xiaomi dan apa sih perbedaan di tiap rom xiaomi. 
Xiaomi menamai ROMnya dengan nama MIUI yang dimana rom ini dikembangkan dari Rom murni Android atau AOSP(Android Open Source Project) dan juga tentu ditambahkan berbagai fitur baru agar dapat memperkuat performa dan memperindah tampilan pada rom MIUI tersebut. 

Pada dasarnya saya sendiri baru mengetahui tentang Rom MIUI ini belum lama ya karena saya baru menggunakan hp xiaomi juga belum lama. Saat ini saya menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 4x nah demi meminimalisir hambatan yang timbul pada hp saya, maka saya banyak mencari informasi di berbagai situs dan group yang berkaitan pada xiaomi. nah, dari situ saya tau apa saja sih perbedaan ROM MIUI Global/China, Developer dan Distributor. 

Banyak sekali yang binggung perbedaan ROM pada Xiaomi. Padahal untuk menbedakan rom tersebut cukup gampak. Pada umumnya ROM Xiaomi hanya ada 4 jenis yang disediakan oleh Xiaomi, yaitu:
  • Global Stabil
  • Global Developer/Beta
  • China Stabil
  • China Debeloper/Beta
Tapi ada juga beberapa smartphone xiaomi yang hanya memiliki ROM China saja. Namun, pasti banyak yang binggung ketika nitizen bilang "rom hp kamu abal abal tuh","rom hp kamu rom distributor tuh" nah ROM ini sebenarnya rom yang sudah dimofisikasi sedemikian rupa agar oleh pihak distributor dapat di pasarkan sesuai target mereka. pada umumnya distributor merupakan menjual barang masih secara ilegal atau belum resmi. nah, maka dari itu pihak distributor menjual device xiaominya menggunakan rom tersebut bertujuan mempermudah pengguna menggunakan hp tersebut dan bisa dipasarkan sesuai daerah yang di targetkan. 

Nah dibawah ini saya akan memberikan informasi apa saja sih kerugian jika anda menggunakan rom abal abal/distributor. sebagai berikut:
  1. Tidak pernah mendapat update Rom Via updater.
  2. Jaringan 4G pada hp kadang tidak bisa digunakan atau bahkan tidak ada jaringan 4G.
  3. Sering Force Close.
  4. HP sering restart dan sulit hidup.
  5. Adanya iklan nakal bawaan ROM yang sangat menggangu penggunaanya.
  6. Finggerprint error
  7. dan lain sebagainya. 
diatas merupakan resiko jika hp anda menggunakan rom abal abal atau distributor, tapi ada juga rom distributor yang bagus. jadi bagaimana masih mau makek rom abal abal dengan resiko diatas? nah maka dari itu kali ini saya ingin membagikan sebuah informasi kepada anda para pengguna xiaomi.

Perbedaan antara ROM Global Stabil / China Stabil / ROM BETA Developer Global / ROM BETA Developer China dan ROM Abal Abal/Distributor

  •  ROM GLOBAL
Rom Global adalah rom yang ditujukan kepada user pengguna yang berada diluar china/global/international. rom global stabil biasanya ditandi dengan kode "MI" pada format ketiga setelah kode ROM, Contohnya (MAM"MI"ED) dan rom ini sudah disertai dengan banyak bahasa termasuk juga bahasa indonesia. 
 
Rom Global Sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu Rom Global Stabil dan Rom Global Developer:
-Rom Global Stabil merupakan rom yang stabil dan minum adanya BUG. namun jika menggunakan rom ini untuk mendapatkan update pembaharuan rom biasanya dalam hitungan bulan agar bisa mendapat pembaharuan Rom.
-Rom Global Developer merupakan rom beta atau masih dalam tahap uji coba dan untuk updatenya sendiri yaitu secara mingguan atau tepat pada hari jumat.
  • ROM CHINA
Rom China merupakan rom yang ditujukan kepada pengguna yang berada di negara asalnya china dan memiliki kode "CN" pada kode ROMnya, contoh (MIM"CN"NE).
ROM ini hanya disertai 3 bahasa, China dan English. Tidak ada bahasa Indonesia pada ROM ini. Sama seperti ROM Global, Juga memiliki 2 jenis, yaitu ROM China Stabil dan China Developer.
  • ROM DISTRIBUTOR/ABAL-ABAL
Rom ini merupakan rom modifikasi dari pihak distributor. biasanya pada rom ini terdapat beberapa error dan rom ini tidak akan mendapatkan update ROM.

 Cara Mengetahui atau Mengecek Rom yang dipakai

"Buka Pengaturan => About Phone => Perhatikan "MIUI Versio"

– Jika terdapat tulisan “GLOBAL” dan memiliki kode “CN“, Berarti itu adalah ROM Abal-abal. Karena ROM Global memiliki Kode “MI” bukan “CN”.
– Jika tidak ada tulisan Global, dan Memiliki Kode CN. Disertai dengan Adanya Bahasa Indonesia. Berarti itu adalah ROM Abal- abal . Karena ROM China (CN) tidak memiliki bahasa Indonesia.
- ROM Global biasa nya terdapat TIGA TITIK (.) PEMISAH ANTARA ANGKA, contoh nya 8.2.9.0 MAMMIEA ini sudah dipastikan rom resmi global stabil.

Cukup sekian pembahasan tentang perbedaan rom MIUI pada hp Xiaomi dan Cara mengecek rom MIUI tersebut dan semoga anda tau apa rom yang anda gunakan pada smartphone anda tercinta. jika bermanfaat mohon dishare dan jangan lupa kritik dan saranya.

informasi ini saya dapat dari group facebook "Xiaomi Redmi 4 Series"

Comments