Pengertian Riba, Hukum dan Macam Macam Riba

Say No To Riba
Pengertian Riba

,Riba mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat indonesia, yang dimana sekarang masyarakat sudah mulai mendalami ilmu agama islam lebih dalam. pengertian riba sendiri menurut bahasa artinnya ziyadah (tambahan) dan nama (berkembang) sedangkan pengertian menurut istilah riba yaitu penambahan pada harta dalam akad tukar-menukar tanpa adanya imbalan atau pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara batil.

Landasan Hukum Riba

Segala bentuk apapun riba di dalam islam dan juga dengan alasan apapun juga adalah di larang Allah SWT.  Jadi, Hukum riba adalah haram sebagaimana pada firman firman Allah SWT dan Sabda Sabda Rasullulah saw yang berkaitan dengan riba sebagai berikut:

  • Adapaun firman Allah yang menyatakan bahwa Jual beli itu tidak sama dengan riba adalah

اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبَوا لَايَقُمُوْنَ إِلّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبُّطُهُ الشَّيْطَنُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُو اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْل الرِّبَوا وَاَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَو

Artinya: orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), Maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. orang yang kembali (mengambil riba), Maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya (QS. Al Baqarah [2]: 275).

  • Ayat al-qur’an yang melarang orang Mukmin agar tidak memakan riba dalam Surat Al-Baqarah ayat 278:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. (Al-Baqarah ayat 278)


  • Firman Allah yang akan memberikan siksa atau Azab kepada orang-orang yang memakan riba yaitu :
وَأَخْذِهِمُ الرِّبَا وَقَدْ نُهُوا عَنْهُ وَأَكْلِهِمْ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ ۚ وَأَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ مِنْهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا

Artinnya: dan disebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya, dan karena mereka memakan harta benda orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih. (Surat An-Nisa' Ayat 161)

  • Friman Allah swt lainnnya adalah:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا مُضَاعَفَةً ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda] dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. (Surat Ali 'Imran Ayat 130)

Berbagai sabda Rasulullah saw tentang riba:

  1. “Allah melaknat pemakan riba, orang yang memberi makan dengan riba, dua orang saksinya, dan penulisnya (sekretarisnya)”. (HR penulis sunan, At Tirmidzi menshahihkan hadits ini)
  2. “satu dirham riba yang dimakan seseorang dengan sepengetahuannya itu lebih berat dosanya daripada tiga puluh enam berbuat zina” (HR. Ahmad dengan sanad shahih)
  3. “Riba mempunyai tujuh puluh tiga pintu, pintu yang paling ringan adalah seperti seseorang menikahi ibu kandungan” (HR. Al Hakim dan ia menshahihkannya)

Macam Macam Riba

  • Jenis Riba Dalam Jual Beli (Riba AL-BUYU')
Riba Fadhl: Pengertian Riba Fadhl yaitu dimana terjadinnya pertukaran antar barang sejenis namun dengan kadar atau takaran yang berbeda, sedangkan barang yang di gunakan untuk pertukaran termasuk dalam barang ribawi.

Riba Nasi'ah: Pengertian riba Nasi'ah yaitu dimana terjadinnya penangguhan atau penerimaan jenis barang ribawi dengan barang ribawi lainnya.
  • Jenis Riba Dalam Hutang Piutang (Riba AD-DUYUN)
Riba Jahiliyah: Riba ini terdapat pada hutang yang di bayarkan lebih dari pokoknnya, hal ini di karenakan si peminjam tidak mampu mengembalikan pada waktu yang telah di tentukan.

Riba Qrdh: Pengertian jenis riba ini adalah adanya manfaat yang di syaratkan oleh si pemiliki untuk yang berhutang.

Semoga artikel mengenai pengertian riba, hukum riba, dan macam macam riba ini jelas untuk teman-teman ya. yang dimana pada intinnya riba ini sangat dilarang oleh Allah swt dan Rasulullah saw, bahkan Allah dan Rasul menyatakan PERANG kepada para pelaku riba. Untuk itu, saya mengajak agar bisnis teman-teman bernilai berkah dan halal maka mulai dari sekarang tinggalkan riba yuk.



Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman taupedia



0 Comments


EmoticonEmoticon