Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak/Mati





Cara memperbaiki aki kering/MF yang sudah rusak atau bahkan mati sebetulnnya masih dapat di perbaiki dari pada harus membeli pengganti baru bagi si aki. tentunnya cara ini menjadikan keuntungan bagi pengguna motor/mobil/sepeda motor karena sebagian besar kendaraan sudah menggunakan  jenis aki kering atau aki MF.


Jenis aki kering(MF battery-maintanance free) ini merupakan aki yang perawatan dan penggunaannya mudah, perawatan aki kering ini tidak terlalu ribet seperti aki basah yang harus  mengisi air accu dan zuur secara rutin dan berkala. dan peletakannya juga yang bebeas mau di posisikan miring atau tegak pun tidak akan menjadi masalah.

namun sebenarnnya aki kering atau aki basah memiliki kegunaan yang sama yaitu sebagai penyuplai daya. tetapi jika dibandigkan aki basah, aki kering memiliki keunggulan tersendiri karena material yang di gunakan yaitu sparepart khusu yang tahan terhadap korosi/karatan.

Tutorial Memperbaiki Aki Kering

pertama siapkan bahan dan alat alat yang di butuhkan untuk memperbaiki aki kering yang tekor atau sudah matot(mati total.

Alat Dan Bahan

alat dan bahan tidak terlalu banyak ,cukup siapkan bahan dan alat di bawah ini:
  • Cairan Aki (Zuur) 
  • SPED (suntikan plastik)
  • Kain Lap
  • Lem Plastic ( Sealent)
  • Obeng minus (-) 

Berikut Cara Memperbaiki Aki Kering 

setelah semua bahan dan alat terlkumpul sekarang masuk ke tahap selanjutnya yaitu tahap perbaikan aki kering yang rusak. berikut tahap tahap cara perbaikannnya:

Tahap Bongkar dan Isi Air Aki Kering

  1. Siapkan aki kering yang rusak dan bersihkan dari segala kotoran yang menempel pada aki.
  2. bongkar aki dengan cara, buka penutup bagian atas dengan obeng dilakukan secara paksa tetapi harus hati hati dan jangan sampai pecah ataupun pecah.
  3. jika sudah anda akan menemukan tutup karet yang meyumbat lubang aki dan dapat anda buka secara mudah.
  4. jika sudah terbuka siapkan air aki yang sudah anda masukan ke SPED/suntikan setelah itu masukan cairan aki hingga batas 1 cm di bawah lubang aki.
  5. jika sudah silahkan anda tutup lagi dengan penutup tadi dan cek apakah sudah tertutup dengan benar atau belum dengan cara membalik badan aki.
  6. setelah semua tahap sudah di lakukan silahkan tutup body aki seperti semula dan rekatkan dengan lem dengan benar agar aman dan tidak mudah lepas.

Tahap Pengisian Daya Listrik Aki(Charger)

tahap selanjutnya yaitu tahap pengisian daya aki, tahap ini anda dapat langsung lakukan dengan cara memasang aki pada motor/mobil atau charger (charger Transformator). untuk pengisian awal pastikan mesin menyala pada posisi stationer dalam rentan waktu dari 30 menit sampai 1 jam an di karenakan kondisi aki yang kosong plong yang mengakibatkan pengisian aki sedikit lama untuk mencapai kapasitas yang cukup.

nah jika anda sudah menyelesaikan tahap tahap di atas artinya anda sudah berhasil memperbaiki aki kering yang mati total/soak untuk motor/mobil dan sepeda motor.  berikut ada sedikit tambahan tentang aki kering.

Penyebab Kerusakan Aki kering

berikut beberapa hal yang menyebabkan aki kering motor atau mobil rusak/soak bahkan mati total:
  • pemakaian arus listrik yang berlebihan
  • ada kebocoran arus listrik/konslet
  • system pengisian tidak normal
  • sel sel aki sudah jelek 
nah di atas adalah beberapa penyebab kerusakan pada aki motor maupun mobil.

 Cara Menghindari kerusakan pada Aki Kering

walau sudah terkenal dengan anti perawatannnya itu, mau bagaimana pun sebuah tetap akan membutuhkan perawatan karena memiliki usia pakai atau masa aktif.
maka dari itu berikut sedikit referensi agar aki tetap terjaga dengan baik dan benar agar tidak mengalami kerusakan.
  • Menjaga kebersihan aki
  • Rutin Menghidupkan Mesin
  • Selalu Periksa Sekering
  • Penggunaan  aksesoris yang memakasi sumber daya aki jangan terlalu banyak karena menguras daya
  • hindari kerusakan fisik(benturan dll)
demikian cara memperbaiki aki kering yang mati atau soak.  betul dengan cara di atas tidak menjamin aki anda bisa diperbaiki lagi seperti semula namun jika anda perhatikan dan mengikuti cara yang tepat anda akan mendapatkan hasil yang maksimal pada aki asalkan aki tidak mengalami kerusakan fisik.

Comments