Pengertian Teks Eksposisi, Struktur, jenis dan Contoh Teks Eksposisi

TEKS EKSPOSISI "pengertian, jenis, struktur dan contoh"
TEKS EKSPOSISI
kali ini taupedia akan membagikan informasi seputar bidang pelajaran bahasa indonesia yaitu mengenai teks ekposisi.  seperti jenis teks lainnya yang berada di pelajaran bahasa indonesia teks eksposisi mempunyai ciri khas sendiri, struktur kalimat, jenis serta ciri lainnya yang membuat teks eksposisi berbeda dengan teks lainnya.

oke langsung saja kita bahas saja tentang teks eksposisi, jenis teks eksposisi, struktur teks eksposisi dan contoh teks ekposisi.

PENGERTIAN TEKS EKSPOSISI


Teks eksposisi yaitu sebuah paragraf atau kalimat yang mengandung sebuah informasi atau pengetahuan yang di tulis secara singkat, jelas dan padat dan mudah untuk di pahami.

TUJUAN TEKS EKSPOSISI


tujuan teks eksposisi yaitu memberikan pengetahuan atau informasi yang di tujukan kepada pembaca, sehingga pembaca yang membaca teks eksposisi ini akan memperoleh pengetahuan atau informasi secara rinci dan jelas.

CIRI CIRI TEKS EKSPOSISI


seperti jenis teks lainnya teks eksposisi juga mempunya ciri ciri sendiri. sehingga dapat di gunakan untuk membedakan mana teks eksposisi dan jenis teks lainnya. berikut adalah ciri ciri teks eksposisi:

  • gaya penulisan bersifat mengajak atau persuasif.
  • berbagi informasi informasi basis pengetahuan.
  • berbasis fakta yang bisa dijelaskan menggunakan logika atau nalar.
  • bahasa yang di gunakan informatif.
  • penyampaian infromasi secara gamblang, lugas dan menggunakan bahasa yang baku.
  • fakta di gunakan sebagai alat kontritasi dan kontribusi.
  • tidak memihak.
  • penjelasan yang disertai dengan data data yang akurat , terpercaya.

STRUKTUR TEKS EKSPOSISI


teks eksposisi mempunyai 3 struktur yaitu pernyataan pendapat(tesis) , argumentasi, penegasan ulang.  jika sebuah teks tidak terdapat struktus tersebuat bisa di katakan itu bukan sebuah teks eksposisi.

Pernyataan Pendapat (tesis)
di bagain awal teks eksposisi yaitu tesis atau pernyataan pendapat yang menguak pandangan penulis atau bisa juga di bilang berisi sudut pandang dari penulis terhadap permasalahan yang di bahas di dalam topiknnya.

Argumentasi
argumentasi yaitu bentuk alasan atau bukti yang dipergunakan untuk memperkokoh atau memperkuat pendapat di sebuah tesis dan sedangkan pada prakteknnya argumentasi juga bisa di gunakan untuk menyanggah atau menolak suatu pernyataan dari pihak lain.

argumentasi bisa berupa pernyataan atau data data yang berasal dari penelitian para ahli dari sumber yang di percaya.

Penegasan Ulang
penegasan ulang yaitu sebuah paragraf penutup teks eksposisi yang kembali menjelaskan atau memperegas pendapat dari si pemilik sebelum sebelumnnya di bagian argumentasi bahkan di tesis.

JENIS JENIS TEKS EKSPOSISI


teks eksposisi mempunyai beberapa jenis teks lainnya dan memiliki pengertian dan penjelasan yang berbeda tiap jenis. secara umum jenis teks eksposisi terdiri dari 6 jenis, apa saja jenis teks eksposisi tersebut mari kita bahas di bawah ini:

Teks Eksposisi Definisi : suatu paragraf eksposisi yang memaparkan definisi atau pengertian suatu topik tertentu.
teks Eksposisi Ilustrasi : suatu paragraf eksposisi yang memberikan sebuah gambaran atau penjelasan yang singkat dan sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang memiliki sifat yang sama mengenai hal hal tertentu.
Teks Eksposisi Laporan : suatu paragraf eksposisi yang memberikan laporan dari sebuah kejadian atau peristiwa tertentu.
Teks Eksposisi Proses : suatu paragraf eksposisi yang merupakan tahap tahapan melakukan sesuatu dari awal sampai akhir.
Teks Eksposisi Pertentangan : sebuah paragraf eksposisi yang berisi mengenai hal bertentangan atau pertentangan akan suatu hal dengan hal yang lainnya.
Teks Eksposisi Perbandingan : sebuah paragraf eksposisi yang mengandung gagasan atau ide pada kalimat utama sebagai bahan atau metode pembandingan.

CONTOH TEKS EKSPOSISI


CONTOH TEKS EKSPOSISI HUKUM

Fakta Hukum di Indonesia

Tesis:

Semestinya hukum di Indonesia sebagaimana yang telah diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.

Akan tetapi, faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.

Argumentasi:

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya masih terbilang ringan, bahkan ada koruptor yang mendapatkan tunjangan fasilitas mewah padahal sudah dianggap merugikan negara.

Seringkali kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas. Namun, belum pernah kita mengetahui koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas.

Penegasan Ulang:

Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani.

Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima oleh koruptor.


CONTOH TEKS EKSPOSISI EKONOMI

Tesis

Ekonomi Rakyat merupakan istilah untuk “kegiatann ekonomi rakyat banyak”. Jika dikaitkann dengan kegiatan pertanian, makaa yg dimaksut dengan kegiatan ekonomi rakyat tersebut ialah kegiatan pertaniann, maka yang dimaksud dengann kegiatan ekonomi rakyatt adalah kegiatan ekonomii petani atau peternakan atau nelayan kecill, petani gurem, nelayann tanpa perahu, petani tanpa tanah dan lain sebagainya; dan bukan peternak besar, MNC pertanian, perkebunann dan sejenisnya.

Argumentasi

Perspektiff lain dari ekonomi rakyat sendiri dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargonn:”ekonomi darii rakyat, olehh rakyat, dan untukk rakyat”

“Dari rakyat”, memiliki arti bahwa kegiatan ekonomi berkaitan dengan penguasaan rakyatt dan aksesibilitass rakyat terhadapp sumber daya ekonomi itu sendiri. Rakyat menguasaii dan mempunyai hak atas sumberr daya untuk mendukungg kegiatan produktiff dan konsumtifnya.

“Oleh Rakyat”, adalah proses produksii dan konsumsi dilakukann dan diputuskann oleh rakyat. Rakyat memiliki hakk atas pengelolaann proses produktiff dan konsumtiff tersebut. Berkaitann dengann sumberdaya (produktiff dan konsumtif), rakyat mempunyaii alternatif untuk memilihh dan menentuukan sistemm pemanfaatan, seperti berapa banyakk jumlah yang harus dimanfaatkann, siapa yang memanfaatkanya, bagaimana proses pemanfaatan, bagaimanaa menjaga kelestarian bagii proses pemanfaatan secara berkala, dan lain sebagainya.

“Untuk rakyat”, artinya rakyatt banyak merupakan ‘beneficiaries' utama darii setiapp kegiatann produksi dan konsumsii. Rakyat menerimaa manfaat, dan indikator dari manfaat yang paling utama adalahh kepentingan rakyatt.

Penegasan Ulang

Dalam hal inii butuh pulaa dikemukakann bahwa ekonomi rakyat bisa berkaitan dengan siapa saja, dalam artii bahwa kegiatan transaksii bisa dilakukan jugaa dengan “non ekonomi rakyat”. Juga takk ada pembatasan mengenai suatu besaran, jenis produkk, permodalan, sifat usaha dan lain sebagainya. Ekonomii rakyat tidak ekslusif tetapii inklusif dan bersifat terbuka. Kendati demikian, sifat fundamentall diatas telah pulaa menciptakan suatuu sistem ekonomi yangg terdiri dari pelakuu ekonomii, norma, kesepakatan dan mekanismee transaksi, yang umumnyaa telah memfasilitasii ekonomii rakyatt untuk bisa bertahann hidup dan berkembangg sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnnyaa.


CONTOH TEKS EKSPOSISI PENDIDIKAN

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Tesis:

Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.

Yang mana, kurikulum 2006 yang sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.

Terjangkaunya distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini.

Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan.

Karena selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.

Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berkualitas.

Penegasan Ulang:

Akan tetapi, banyak juga dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.

Bahkan, ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Walaupun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.

sumber contoh teks eksposisi: notepam|materi4belajar



di atas adalah penejelasan lengkap tentang teks eksposisi, jenis teks eksposisi, struktur teks eksposisi dan contoh eksposisi. semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

jangan lupa share!!!!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Teks Eksposisi, Struktur, jenis dan Contoh Teks Eksposisi"

  1. Sangat bermanfaat kak dan membantu, saya juga membuat artikel Pengertian dan Cara Penyusunan Teks Eksposisi hanya saja sepertinya kalah keren dibanding artikel ini. :)

    BalasHapus